Cara Cepat Mengatasi Pompa Air Macet

88 views
banner 300x280

adhi-jaya-teknik11

Cara Cepat Mengatasi Pompa Air Macet sangatlah kompleks serta membutuhkan pengalaman supaya bisa melakukan analisis yang pas dalam menanganinya.

Mesin hidup tidak keluar air

Sebelumnya anda mesti pastikan sumur atau sumber air dalam keadaan normal yakni ada air (tidak kering) dan pastikan supply daya listrik untuk mesin pompa normal tegangan tidak drop serta memakai kabel standar PLN.

Langkah pengecekan pipa hisap :

Lepaslah pipa hisap dari mesin. Lihat apakah ada air di dalam pipa hisap. Apabila kosong cobalah di isi dahulu hingga penuh tunggulah sebagian menit lihat kedudukan air masih atau ada penurunan. Apabila turun maka di pastikan ada kebocoran pada rangkaian pipa atau pada foot valve (tusen klep) Bila air masih tetap, jadi lakukan guncangan (kocok) bila air bisa naik artinya pipa hisap normal serta sumber air tak ada permasalahan dalam arti tak ada masalah terhalang.

Pengecekan mesin pompa :

Gunakan kembali pipa hisap ke mesin. Isi bak tampungan impeller (pancingan) dengan air sampai penuh. Hidupkan mesin serta amati adakah kebocoran pada seal pompa, posisinya pada AS mesin pada motor dengan ruangan impeller, bila bocor, merembas atau menetes jadi mesti diganti. Ke-2, yakinkan putaran mesin telah benar. Terlihat dari arah kipas mesin berputar searah jarum jam serta nada mesin mesti berbunyi normal. Jangan pernah berputar lambat maupun terlihat tersendat sendat. Gunakan kran (stop kran/ball valve) pada jalur output dengan jarak sekitaran 30 cm dari mesin pompa serta posisikan tertutup.

Upayakan jangan sampai buka kran sebelumnya ada sinyal tanda air terhisap. Bila telah ada air terhisap jadi rata-rata desakan pompa akan bertambah nada mesin berbunyi makin halus. Lalu buka kran perlahan-lahan dari mulai bukaan kecil jangan sampai air drop. Umumnya bila kran di buka kecil air bisa naik serta saat di buka full air malah drop jadi artinya daya hisap pompa telah mulai melemah baiknya dikerjakan servis pada ahlinya.

Catatan :

Untuk ke-2 langkah pengecekan diatas merupakan prosedur yang dengan cara tehnis telah bisa diaplikasikan saat pompa anda tengah alami permasalahan tidak bisa menyedot air. Namun demikian dari cara perbaikan diatas yaitu terbatas pada unit mesin pompa yang terlebih dulu sudah pernah beroperasi dengan normal dalam arti bukanlah pemasangan mesin pompa baru.

Lantaran untuk pemasangan mesin pompa baru baiknya anda jeli serta cermat terlebih dulu penyesuaian pada spesifikasi mesin pada keadaan sumber air mencakup kedalaman sumur, jarak level air dengan pompa sampai jarak tempuh suplay menuju tandon yang harus diperhitungkan dengan spesifikasi standar mesin pompanya. Simak juga mengenai langkah pilih pompa air.

banner 300x280